GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)
JUDUL MATA KULIAH/BLOK : Epidemiologi Dasar
KODE/BOBOT : KKS 606 / 2 SKS
SEMESTER : VI
DESKRIPSI SINGKAT : Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar epidemiologi yang meliputi sejarah, pengertian , konsep penyebab penyakit, epidemiologi deskriptif, epidemiologi ,skrining, investigasi wabah dan surveilans . NO | TUJUAN INSTRUKSI KHUSUS | POKOK BAHASAN | SUB POKOK BAHASAN | METODE | ESTIMASI WAKTU | KEPUSTAKAAN |
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sejarah, defenisi, tujuan dan ruang lingkup epidemiologi | Defenisi, sejarah, tujuan dan ruang lingkup epidemiologi | 1. Pengertian epidemiologi 2. Sejarah epidemiologi 3. Tujuan epidemiologi 4. Ruang lingkup epidemiologi. | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Penugasan | 2 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan epidemiologi deskriptif | Epidemiologi deskriptif | 1. Defenisi epidemiologi deskriptif 2. Ruang lingkup kajian epidemiologi deskriptif | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Penugasan | 2 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
3,4 | Mahasiswa Mampu menjelaskan tentang Konsep terjadinya penyakit, pencegahan serta upayanya | Konsep dasar timbulnya penyakit dan pencegahan | 1. Sehat, sakit dan masalah kesehatan 2. Trias epidemiologi Host, Agent dan Environment 3. Riwayat alamiah penyakit 4. Pencegahan penyakit 5. Mekanisme transmisi / penularan penyakit | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Penugasan | 4 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
5 | Mahasiswa Mampu menjelaskan pengertian surveilans dan kegiatan pengamatan epidemiologi | Surveilans epidemiologi dan pengamatan epidemiologi | 1. Pengertian Surveilans epidemiologi. 2. Kegiatan Pengamatan epidemiologi 3. Sumber data epidemiologi 4. Surveilans penyakit menular dan tidak menular | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Penugasan | 2 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
6 | Mahasiswa Mampu mengiterpretasi variabel dalam epidemiologi deskriptif | Variabel epidemiologi deskriptif menurut orang, tempat dan waktu | 1. Perubahan variabel epidemiologi 2. Variabel orang (umur, sex, kelas sosial, pekerjaan, etnik, perkawainan, struktur,keluarga, paritas) 3. Variabel tempat (distribusi geografi suatu penyakit/masalah kesehatan) 4. Variabel waktu ( fluktuasi jangka pendek, perubahan secara siklik, perubahan angka kesakitan dalam jangka panjang) | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Penugasan Tutorial materi TIK 1-5 | 2 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
7 | Mahasiswa Mampu membedakan dan menilai epidemiologi penyakit menular dan tidak menular | Epidemiolgi penyakit menular dan epidemiologi penyakit tidak menular | 1. Perubahan gambaran epidemiologi penyakit infeksi 2. Sumber dan cara penularan 3. Pengendalian peny. Menular 4. Faktor resiko untuk timbulnya penyakit tidak menular 5. Karakteristik penyakit tidak menular dan faktor pajanan | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Latihan Penugasan | 4 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
8 | Mahasiswa Mampu menilai Konsep Kausalitas akibat terjadinya penyakit | Konsep Kausalitas terjadinya penyakit | 1. Definisi kausalitas epidemiologi 2. Kausa produksi, Necessary causa, sufficient component causa, kausa probabilistic, dan counter factual 3. Penariakan kesimpulan konsep kausalitas | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Penugasan | 2 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
9. | Mahasiswa memilih dan meniterpretasi metode epidemiologi | Metode epidemiologi | 1. Cara menetukan metode epidemiologi yang sesuai 2. Metode observasional potong lintang, kasus pembanding dan metode kohor 3. Metode ekperimen lab dan experimen lapangan | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Penugasan | 2 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
10 | Mahasiswa Mampu melakukan metode dalam mengukur frekuensu penyakit, ukuran dampak dan ukuran asosiasi | Ukuran-ukuran epidemiologi | 1. Pengertian dan kegunaan ukuran-ukuran epidemiologi 2. Ukuran-ukuran frekuensi penyakit 3. Ukuran-ukuran asosiasi 4. Ukuran-ukuran dampak 5. Ukuran-ukuran kesakitan dan kematian | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Latihan Penugasan | 2 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
11 | Mahasiswa Mampu menilai skrining penyakit | Skrining , diagnosis dini dalam pencegahan penyakit | 1. Pengertian penemuan penyakit secara screening 2. Tujuan penemuan penyakit secara screening 3. Cara melakukan screening 4. Tes diagnostik penemuan penyakit secara screening | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Penugasan | 2 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
12 | Mampu menyajikan dan meninterpretasi data epidemiolgi | Penyajian data epidemiologi | 1. Tujuan penyajian data epidemiologi 2. Menyajikan subjek menurut nilai atau kategori variabel tertentu 3. Menampilkan perubahan nilai suatu variabel tertentu menurut waktu 4. Menunjukkan hubungan antara 2 variabel 5. Sajian data epidemiologi dalam bentuk narasi, tabel, grafik/gambar | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Latihan Penugasan | 2 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |
13,14 | Mampu mengorganisir wabah dan kejadian luar biasa penyakit | Wabah/ Kejadian Luar Biasa penyakit Penyelidikan Wabah | 1. Definisi, kriteria wabah/KLB 2. Undang-undang dan peraturan tentang wabah/KLB 3. Pengertian penyelidikan wabah 4. Tujuan dan manfaat penyelidikan wabah 5. Langkah-langkah penyelidikan wabah/KLB 6. Pelaporan investigasi wabah/KLB | Menjelaskan Tanya Jawab Diskusi Penugasan Tutorial materi TIK 6-12 | 4 x 50 mnt | 1, 2, 3, 4 |